Wednesday, October 22, 2014

Cara Cek Resi TIKI dan Arti Status TIKI

Cara Cek Resi TIKI dan Arti Status TIKI

Setelah beberapa bulan lalu saya posting tentang cara mengecek resi JNE dan arti status jne, kini saya akan posting lagi cara mengecek resi tiki dan arti status tiki.
Oya, sebelum melanjutkan ada baiknya teman-teman baca juga perbandingan antara TIKI dan JNE di sini ya. Salah satu kelebihan TIKI dibandingkan JNE adalah TIKI tidak terlalu sensitif dengan volumetrik atau faktor dimensi. Apa itu volumetrik? Intinya volumetrik itu diberlakukan bagi barang-barang yang bentuknya besar tetapi beratnya kecil atau sedikit. Contohnya adalah matras boneka. Ya, saya kan jualan boneka di www.bonekalintang.com. Makanya saya langganan TIKI. Nah, kalau matras boneka itu bentuknya besar banget.. tetapi beratnya hany 6 atau 7kg. Makanya kalau di bawa ke JNE atau ekspedisi lain selain TIKI barangnya diukur-ukur. Rumus volumetrik adalah panjangXlebarXtinggi/6000. Itulah ketemunya kiloannya. Cukup mahal tentunya...
Etss kok malah ngelantur. Yuk simak langkah-langkah berikut untuk mengecek resi
1. Buka web resmi tiki www.tiki-online.co
2.  Langsung menuju kolom Cek Status Kiriman (Seperti pada panah)

Nah di bagian ini ada juga “multi tracking”, yaitu mengecek banyk resi dalam satu kali klik. Ini  salah satu enaknya cek resi TIKI dibandingkan dengan mengecek resi paket yang lain
3. Masukkan nomor resi TIKI
Nah, nomor resi TIKI berbeda dengan nomor resi JNE. Nomor resi JNE biasanya terdiri atas tiga belas digit atau diawali dengan huruf yang menunjukkan kota pengiriman. Untuk TIKI semuanya menggunakan angka. Ada dua belas angka ya (mungkin beberapa tahun kemudian nambah). Angka-angka resi ini sifatnya berseri . Jadi semuanya berurutan. Misal sista mengirim paket sebanyak tiga buah, maka nanti dalam resiny akan berurutan. Ini berbeda sekali dengan resi JNE yang tidak berurutan
4.       Klik Check

Ini adalah contoh hasil tracking resi pada TIKI. Yuk kita coba baca satu-satu arti status pada TIKI berikut.


  • Origin: tempat asal, dalam hal ini Bekasi
  • Destination: tempat tujuan, Bogor
  • Shipment History: riwayat pengiriman, di sini akan ditampilkan beberapa tahapan yang dilalui oleh paket
          Berikut adalah keterangan pada shipment history dimulai dari awal atau yang paling bawah
-          Shipment Data Entry – Data pengiriman paket telah dimasukkan dalam database
-          Remark (keterangan) Entry By – Nama atau kode operator yang mengisikan data. Dalam status di atas keterangan diawali dengan BKI, ini artinya adalah Bekasi.
-          Packing List – Barang anda telah dikemas dan dimasukkan dalam daftar pengiriman bersamaan dengan paket – paket lain.
-          Arrived at Destination – Sekarang paket anda sudah tiba di kota tujuan.
-     With Delivery Courier – Barang yang anda tunggu sudah dibawa oleh kurir TIKI dan akan diantarkan ke alamat penerima yang tercantum.
-          Failed: Gagal. Biasanya gagal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: alamat tidak jelas, rumah kosong,  no hp tidak bisa dihubungi. Beberapa kasus  jika terjadi hal semacam ini maka pihak TIKI akan melakukan pengantaran jika kondisinya memungkinkan. Misalnya rumah kosong, maka akan ada pengantaran ulang. Namun jika alamat tidak jelas biasanya barang ada di TIKI terus. Lalu bagaimana solusinya? Tentu saja sebagai konsumen kita harus rajin2 cek tiki. Jika hasil cek failed maka kita harus aktif untuk menghubungi TIKI.
-          Succeed – Selamat! Paket anda telah sampai di alamat tujuan.
-          Received By – Siapa nama penerima paket tersebut.

Ya begitulah cara mengecek resi TIKI, mudah-mudahan bermanfaat



No comments:

Post a Comment